Thursday, August 19, 2010

Dosen

Sebenarnya posting dengan tema "tipe-tipe dosen" ini sangat tidak penting, namun ada bagusnya juga bila saya mempostkan pendapat saya tentang dosen. Karena ada banyak sekali perilaku mereka yang lebih mirip dengan dewa, dimana mahasiswa dengan terpaksa harus mengikuti kemauan atau cara mereka demi bertahan hidup dan mendapat nilai bagus. Saya akan mencoba mengklaisikasikan tipe-tipe dosen menurut pendapat dan pengalaman saya selama menjadi mahasiswa.

1. Tipe saya itu sama dengan tuhan
Tipe dosen seperti ini biasanya merupakan dosen senior atau bila dia bukan dosen senior ya dosen udah tua atau memamng seneng menindas mahasiswa. Peraturan perkuliahanya sangat banyak sekali, dan semua peraturan itu memberikan keutungan di pihak dosen seperti peraturan :
"Kalau saya udah masuk, maka kalian tidak usah masuk kelas saya saja". Ya mungkin maksudnya baik, supaya tidak ada mahasiswa yang telat, namun, bagaimana kalau dosenya masuk 30 menit telat? jadi kami para mahasiswa harus menunggu bapak/ibu?? Saya pernah mendengat dari temen saya ada dosen yang berkata seperti ini : "Nilai A itu untuk tuhan, Nilai B itu untuk saya, Nilai C itu tidak pantas buat kalian, Nilai D dan E adalah yang pantas buat kalian". Bayankan saja, mahasiswa yang menjadi muridnya tentu akan menjadi malas karena mereka sudah mendapat jaminan bahwa mereka akan GAGAL dalam mata kuliah dosen tersebut.

2.Tipe dosen genit
Saya tidak menyangka dosen ada juga yang seperti ini, dulu pas SMA memang ada guru-guru yang seperti ini, guru yang biasanya akan bersikap baik pada jenis kelamin tertentu, entah itu pria ataupun wanita. Namun, dalam kenyataanya, dosen juga ada yang seperti ini. Saya pun pernah diajar oleh tipe yang ini. Dan memang bener, biasanya kalau dosenya berjenis kelamin wanita, dia akan cenderung menyukai mahasiswa yang lawan jenis, yang ganteng, aktif dan stylish akan mendapat nilai lebih, dan juga tentu berlaku sebaliknya buat dosen pria. Saya tidak menuding semua dosen seperti ini, namun dalam kenyataanya ada dosen yang berperilaku seperti ini.

3.Tipe dosen adil
Ini adalah tipe dosen yang mending, "dosen yang baik". Dia bukan dewa dan tidak rasis, dia akan memberikan penilaian secara objektif dan pantas bagi mahasiswanya. Bila anda berusaha, maka anda akan dihadiahi nilai yang sebanding dengan usaha anda. Tipe dosen yang ini biasanya sangat menyenangkan untuk diajak berdiskusi dan memiliki toleransi lebih terhadap perilaku mahasiswa.

4.Tipe dosen cuek santai
Tipe dosen ini tidak berbeda dengan tipe dosen adil, namun bedanya adalah bahwa dosen ini sama sekali tidak peduli dengan anda. Absensi juga bukan merupakan hal yang penting. Terserah mau anda masuk atau tidak, yang penting di kala saya memberi tugas, kuis atau ujian anda bisa, maka nilai anda akan bagus.

5.Tipe dosen malas/GABUT
Tipe dosen seperti ini adalah tipe yang paling disukai oleh mahasiswa. Dosen tersebut akan jarang masuk ke kelas, tidak mempedulikan absensi dan tugas dan ujian anda. Di kala dia masuk untuk memberi pelajaran, dia akan bersikap ramah, tapi hati-hati, dosen tipse ini akan memberikan penilaian secara subjektif. Yang di maksud subjektif ialah, dia harus mengenal anda. Mengenal dan mengingat nama anda. Karena bila tiba saatnya pemberian nilai, dia akan melihat nama mahasiswa, dan mengingat-ingat, "apakah saya kenal dan pernah liat dia di kelas saya?'' bila jawabany adalah ia, maka anda akan mendapat nilai bagus. Bila tidak ya nilai anda akan pas pasan ataupun jelek. Dosen malas, berbeda dengan dosen malas dan gabut. GABUT gaji buta. Dosen seperti ini akan malas mengajar, tidak pernah masuk. bilapun masuk di kelas tidak akan bersikap ramah. Dia akan/tidak akan memberikan tugas. Namun bila memberikan tugas, soalnya akan sangat susah sehingga anda menjadi malas mengerjakanya. Dan di kala ujian, soal ujianya tidak akan berhubungan dengan materi yang telah dia terangkan (karena dia jarang masuk), dan anda akan tentu saja GAGAL lagi.




No comments:

Post a Comment