Sunday, March 28, 2010

Pendapat saya tetntang abad kesembilan belas

Abad ke sembilan belas merupakan suatu abad yang dimana pikiran serta teknologi manusia berkembang secara pesat dalam tempo waktu yang sangat singkat. Manusia belajar untuk membunuh dengan cara-cara lebih kejam serta lebih cepat. Manusia menciptakan alat yang dapat pergi ke bulan (walaupun ada beberapa pihak yang mengatakan kalau itu adalah kebohongan) dan manusia belajar untuk menyaikiti dirinya sendiri dengan membuat rokok dan narkoba yang di produksi dalam skala besar dengan harga yang murah.

Abad ke sembialn belah merupakan abad yang menarik untuk di lihat lalu di komentari. di bandingkan dengan abad- abad sebelumnya dimana manusia tidak belajar susuatu yang significant melainkan para penemu menciptakan rumus-rumus matematika dan fisika yang membuat kita menderita di SMP dan SMA dan manusia mengetahui bahwa bumi itu bulat dan matahari merupakan pusat dari sistem tata surya, dan? ya revolusi industri, renaisance dan banyak hal yang penting, tapi menurut saya kurang menarik.

Sebagai contoh sederhana, wright bersaudara pertama kali enciptakan pesawat terbang pada pembuka awal ke sembilan belas. Pesawat mereka merupakan pesawat yang sederhana yang tidak dapat terbang untuk jarak yang jauh dan pesawat yang rapuh. 20 tahun kemudian manusia sudah dapat membuat pesawat yang digunakan untuk membunuh manusia lagi dengan membawa senjata dan bom (pada perang dunia 1). Lalu kita tambahkan 40 tahun, manusia sudah dapat menciptakan pesawat dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan suara, mereka menciptakan pesawat yang bisa membawa tentara sekutu dari amerka ke dataran eropa menyeberangi samudra atlantik demi menyerang hitler dan kawan-kawanya. Lalu kita tambahkan 60 tahun dari sejak wright bersaudara membuat pesawat terbang mereka, manusia sudah bisa menciptakan pesawat tempur bermesin jet yang bisa melampaui kecepata suara hingga 2 kali. Pesawat SR-71 Black Bird, taukan anda akan pesawat ini? pesawat tercepat di dunia yang di gunakan Amerika Serikat untuk memata-matai Uni Sovyet di saat perang dingin. Pesawat ini dapat mencapai kecepatan 3000km/jam dan dibuat seluruh panelnya dari titanium. Pesawat ini tidak di lengakapi dengan senjata apapun, karena tidak ada rudal (pada masa itu) yang dapat menyamai kecepatan pesawat Blackbird. Bayangkan, ini semua hanya terjadi dalam kurun waktu 60-70 tahun sejak pesawat pertama diciptakan.

Terjadi kemajuan yang pesat juga di bidang teknologi komunikasi. Pernahkah anda menyaksikan film startrek yang pertama kali diluncurkan hollywood? Dimana di film tersebut terdapat sebuah alat komunikasi portable yang bisa di bawa-bawa. Sadarkan anda, bahwa itu merupakan telepon genggam atau handphone yang di gambarkan secaea eksplisit oleh film startrek. Dalam waktu kurang dari 30 tahun, manusia sudah dapat membuat ide tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Sehingga bila anda berpikir, lalu bertanya, kemanakan akal pikiran serta teknologi manusia sebelum abad ke sembilan belas? mengapa kok pada abad kesembilan belaslah terjadi lompatan perkembangan akal pikiran manusia yang begitu dasyat? saya pun tidak tau jawabanya....

Namun, yang ingin saya katakan dalam artikel yang tidak menarik ini adalah, bahwa abad ke sembilan belas merupakan abad yang dimana terjai hal-hal aneh yang menunjang kehidupan manusia untuk masa sekarang dan 1000 tahun yang akan datang. Bayangkan saja bila kita tidak pernah mengalami abad ke sembilan belas?, Mobil, pesawat terbang, telephone genggam, internet komputer bahkan TV tidak akan pernah ada di dalam kehidupan kita.....




1 comment: