Sunday, May 23, 2010

Persahabatan Etika dan Kejujuran

Pengalaman saya berteman "bergaul" sama orang-orang asing memang pengalaman yang mengasikan anda berbicara di kereta api, di antrian Bank, di bengkel motor maupun dimanapun dengan orang baru benar-benar membuka wawasan. Anda dapet menilai bagaimana kepribadian dan tata kelakuan orang tersebut. Namun bagaimana dengan sahabat sendiri? dapatkah anda menilai dia segamblang dan gampang anda menilai orang baru??

Menurut pengalaman dan pendapat saya, menulai sahabat anda yang sudah bertahun atau bahkan puluh tahun kian lama akan semakin susah. Karena anda merasa sudah mengenal dirinya makan anda tentu akan tau baik dan buruk sikapnya dan perlahan-lahan anda akan menirma saja bahwa itu memang sikap dia dan saya mengenalnya seperti itu. Ya, memenag itu yang terjadi (setidaknya terjadi pada saya). Namun hati-hati, ternyata pengalaman juga bisa berkata lain, dimana sahabat yang anda kenal sudah lama itu ternyata memiliki suatu sikap yang belum ia tunjukkan pada anda, suatu sikap tersembunyi. Sikap tersebut seperti "a tiger ready to pounce" . hariamau yang akan menerkan. Anda tidak akan tau sikap tersebut, namun sikap tersebut itu dekat dengan kebiasaan dan sifat sahabat anda. PAda suatu ketika terjadi suatu hal, maka sang harimau tersebut akan menerekam anda dan mungkin membuat dampak negatif.

Memang sungguh aneh. ternyata, mengenal orang baru itu akan lebih gampang, karena kita tentu masih diliputi rasa penasaran dan hati-hati ang tinggi. Dont trust strangers. Namun bagai mana dengan sahabat. Adakah peribahasa don't trust your friend? ya mungkin emang harus ada. Namun tentu komposisinya juga harus diubah. menjadi

" Friend is Friend but business is business, so when business and friend meet, than your friend is no longer a friend but a business associate"

Pikirkanlah...

Etika..
Ada peribahasa inggris "mind your P's and Q's" P artinya please dan Q artinya tahnk you. Ini menurut saya merupakan sebuah etika hidup, please dan tank you, tolong dan terimakasih. Kedua kata ini tidak bisa dianggap sepele. tidak jarang terjadi suatau keributan atau pertengkaran karena salah satu pihak lupan menerapakan atau menyipsipkan kata terimakasih. Seperti misalnya dalam kalimat "dasar orang tidak tau terimakasih bla bla bla ".

Ini merupakan hal sensitif yang harus diucapkan saat anda mendapat bantuan sekecil ataupun sebesar apapu.

Lalu kejujuran. Honesty is such a lonely word, everyone is so untrue...., potongan dari sebuah lagu barat. Kejujuran merupakan kunci kepercayaan orang. Anda berbohong sekali, makan orang seumur hidup tidak akan percaya dengan anda. Hal kejujuran tidak perlu saya bahas lebih dalam..

Memlalui pesan blog ini, saya hanya ingin mengingatkan, bahwa di dunia ini terdapat berbagai macam orang, jadi hati-hatilah dalam cara anda bersikap dan bergaul. Serta perhatikan etika dan tata krama.....

No comments:

Post a Comment