Sunday, April 18, 2010

Resensi Film Band of Brothers (buat di majalah warta himahi)


Film seri Band of brothers produksi channel HBO yang disutradarai oleh steven Spielberg dan Tom Hanks merupakan sebuah film mini seri yang bercerita tentang sepak terjang "Easy company" 506th regiment, 101st Airborne. Easy company merupakan kompi militer tentara Amerika Serikat pada masa perang dunia kedua. Film seri band of brothers bercerita tentang perjuangan pasukan ini dari masa awal pelatihan di kamp Taccoa hingga mereka berhasil menaklukan singgah sana Hitler "the eagles nest" di Berchtesgaden di daerah Bavaria, Jerman.

Film ini fokus pada tokoh Captain Richard WInters dari masa awal pelatihan easy company hingga akhir penyeranganmereka di Bavaria. Richard winters merupakan seorang captain yang bijaksana serta disegani oleh anak buahnya karena ketangguhanya dalam memimpin pasukan easy companya dari awal hingga akhir perang .

Dalam film seri BOB kita dapat melihat reka ulang dari beberapa pertempuran terkenal yang merupakan titik balik pada perang dunia kedua. Contohnya adalah "Operation Overlord" dengan peristiwa D-day pada tanggal 6 juni 1944. Pasuka easy companya merupakan pasukan "airborne" yang berarti pasukan tempur yang dikirim ke daerah konflik dari pesawat. Selain reka ulang pertempuran D-day, terdapat juga "operation Market Garden" yaitu sebuah operasi militer sekutu yang bertujuan untuk merebut Kota Arhem dan Eindhoven dari pihak Jerman. Ada pula pertempuran gerilya para pasukan sekutu di hutan-hutan Bastgone.

Film seri Band of Brothers diangkat dari Novel sejarah karangan Stephen E. Ambrose. Beliau adalah seorang sejarawan terkemukan yabng telah menciptakan beberapa buku bertema Perang Dunia 2 seperti Buku : Citizern Soldoer. D-day, Band of Brother, Wild Blue dan lain-lain.



Film Band of brother menggunakan efek-efek Hollywood yang mutakhir sehingga suasana peperangan dapat terasa oleh penonton. Film ini juga merupakan film seri termahal setelah film seri baru berjudul "Pasific" yang juga di produksi oleh HBO. Detail seragam, pesawat serta kendaraan Perang Dunia kedua sangat akurat. Di dalam film ini anda dapat melihat kendaran perang seperti Tank Sherman buatan AS, Tank Tiger, Lusinan Jeep dan Kubelwagen, pesawat C-47 Sky train serta banyak lagi.


Film Band of Brother merupakan film wajib nonton bagi para penggemar perang (war buff) karena film ini secara tidak langsung membawa anda langsung kepada ketegangan perang yang dialami oleh easy companya..

Selamat menonton


No comments:

Post a Comment